Jenis-Jenis Yoga Beserta Manfaat yang Bisa Didapatkan

Setiap jenis yoga memiliki gerakan yang berbeda karena memang fungsi dan tujuan gerakan tersebut berbeda sehingga Anda bisa melakukannya sesuai kebutuhan. Terdapat Yoga yang diperuntukkan bagi pemula sehingga Anda bisa mengawalinya dengan kemampuan dasar melakukan olahraga Yoga karena gerakan yang benar akan memberikan fungsi yang optimal.

Jenis-jenis Yoga yang Bisa Anda Pilih Sesuai Tujuannya

Berikut adalah berbagai jenis dari olahraga Yoga yang bisa Anda pilih:

1. Yoga Power

Yoga power bukan berarti olahraga yang akan memberikan tenaga, tapi justru jenis yoga ini membutuhkan kekuatan dan energi yang lebih besar. Tidak heran jika sebagian besar pelaku jenis yoga ini adalah para lelaki. Fungsi dari yoga power ini adalah untuk menguatkan otot-otot tubuh dan kalori dalam tubuh dapat terbakat.

2. Yoga Restoratif

Jenis yoga yang sederhana ini berfungsi untuk mengembalikan tubuh dalam ketenangan yang alami. Jadi, fokus dari yoga ini adalah memberikan ketenangan bagi orang yang melakukannya. Ketenangan yang didapatkan pada nantinya akan membuat kita lebih nyenyak ketika tidur. Jenis yoga ini sangat cocok bagi mereka yang mengalami cedera atau trauma.

3. Yoga Prenatal

Gerakan yoga ini ditunjukkan bagi ibu yang sedang hamil. Para ibu hamil seringkali merasakan ketegangan menjelang kelahiran sehingga dibutuhkan pembiasaan diri dalam menghadapi proses melahirkan. Salah satu latihannya adalah dengan yoga prenatal.
Hal ini berguna untuk membantu mengatasi rasa sesak napas saat melahirkan. Ibu hamil yang memiliki keadaan tubuh kuat dan terhindar dari sesak napas maka proses kelahiran mungkin akan berlangsung lebih cepat dan lancar.

4. Yoga Ashtanga

Yoga ini sangat populer di tengah masyarakat, termasuk bagi pemula. Terdapat beberapa bagian yang harus dilakukan dalam satu set. Tujuan dari yoga ini adalah melatih proses pernapasan.

5. Yoga Kripalu

Jenis yoga ini memiliki gerakan seperti menyapa alam dengan kelembutan. Yoga kripalu memiliki tiga bagian dalam latihan. Pada umumnya, yoga ini berfungsi untuk menemukan diri yang sebenarnya karena yoga ini mendekati fungsi dari meditasi. Meskipun gerakannya cukup rumit, tapi para pemula bisa mencobanya karena manfaat yang luar biasa untuk perbaikan diri.

6. Yoga Vinyasa

Yoga ini tak kalah populer dari jenis yoga yang lain. Banyak para pecinta yoga yang memilih jenis ini sebagai latihan. Tujuan yoga ini adalah untuk melatih pernapasan. Satu set memiliki 12 gerakan yang tidak begitu sulit untuk diikuti, jadi para pemula pun bisa mengikutinya. Selain melatih pernapasan, jenis yoga ini juga memberikan ketenangan, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi.

7. Yoga Anusara

Jenis yoga ini lebih lengkap dalam menggunakan peralatan, seperti bantal yoga, tali yoga, selimut yoga dan balok yoga. Berbagai peralatan tersebut dapat menciptakan gerakan yang lebih variatif. Kita harus bisa melakukan gerakan yang tepat dan menahannya dalam waktu yang lama. Jadi, stamina yang kuat sangat dibutuhkan dalam melakukan gerakan ini.

8. Yoga Kundalini

Manfaat yoga ini adalah melatih fisik dan melatih bagian spiritualnya. Jenis yoga ini terbentuk dari kombinasi antara latihan diri dan latihan fisik. Jenis ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan ketenangan saat berolahraga. Jadi selain melatih kekuatan fisik, latihan ini juga melatih spiritual kita.

9. Yoga Yin

Yoga yin juga mengandalkan ketenangan karena jenis ini memiliki satu posisi untuk waktu yang lama. Posisi yang biasa digunakan adalah duduk, berbaring atau lainnya. Satu posisi tersebut bisa dilakukan dalam waktu lima menit. Hal inilah yang membuat kita bisa menikmati ketenangan dengan baik. Selain itu, posisi yang mudah memungkinkan pemula untuk melakukannya.

10. Yoga Hatha

Latihan pengenalan postur yoga mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam melakukannya, terlebih bagi orang dengan tubuh yang kaki. Pemula dapat menjadikan jenis yoga ini sebagai awalan yang baik untuk melenturkan tubuh terlebih dahulu. Selain itu, yoga ini dapat menunjukkan bagaimana kemampuan kita dalam memulai atau melakukan yoga.

11. Yoga Bikram

Yoga ini dilakukan di tempat yang panas agar gerakan dapat dilakukan lebih intens. Selain suhunya yang dinaikkan, gerakan dari jenis yoga ini memudahkan kita untuk berkeringat. Meskipun demikian, Anda akan merasakan sensasi yang berlebih dalam menghadapi gerakan dari yoga tersebut.

Demikian jenis-jenis yoga yang bisa dicoba dengan memperhatikan apa saja fungsinya.

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *